Laporan Pertandingan: Persiba Balikpapan 3–2 Mitra Kukar

Laporan Pertandingan: Persiba Balikpapan 3–2 Mitra Kukar

Tim yang sudah terdegradasi, Persiba Balikpapan, mampu memberikan hiburan kepada pendukungnya di akhir musim setelah mengalahkan sepuluh pemain Mitra Kukar dengan skor 3-2 di Stadion Batakan, Jumat (10/11) malam WIB.

Hasil tersebut tidak mengubah posisi Persiba di peringkat ke-17 setelah mengumpulkan 24 poin. Sedangkan Mitra Kukar di peringkat kesepuluh dengan nilai 43. Posisi Mitra Kukar masih bisa digeser bergantung kepada hasil pertandingan pada akhir pekan ini.

Babak pertama

Kendati tidak memberikan pengaruh apapun, pertandingan antara Persiba dan Mitra Kukar berlangsung menarik. Kedua tim memperlihatkan permainan terbuka demi mendapatkan kemenangan.

Persiba yang bermain di hadapan ribuan pendukungnya memberikan tekanan cukup berarti di pertahanan Mitra Kukar. Peluang diperoleh Marlon Da Silva ketika laga baru berjalan enam menit, namun sundulannya setelah menerima umpan dari sisi kanan serangan masih melambung di atas mistar.

Pendukung tuan rumah akhirnya bersorak kegirangan pada menit ke-15. Menerima sodoran bola dari Marlon, Ilhamul Irhaz selanjutnya memberikan umpan tarik yang dituntaskan Bijahil Calwa untuk menaklukan Ravi Murdianto.

Mitra Kukar berusaha bangkit menyamakan kedudukan. Usaha mereka membuahkan hasil pada menit ke-19. Tendangan bebas indah Septian David Maulana tidak bisa dijangkau kiper Yoewanto Stya Beny, sehingga bola bersarang di gawangnya.

Persiba memberikan respons dengan menekan pertahanan Mitra Kukar. Ancaman diberikan Marlon pada menit ke-40. Menusuk dari sisi kiri serangan, Marlon selanjutnya melepaskan tendangan, tapi mengarah ke pelukan Ravi. Skor 1-1 ini bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua

Permainan terbuka tetap diperagakan Persiba dan Mitra Kukar di babak kedua. Persiba yang tidak ingin mengecewakan pendukungnya di pekan pamungkas menggebrak pertahanan tim tamu lebih dulu.

Petaka menghampiri Mitra Kukar di awal babak kedua, karena harus bermain dengan sepuluh orang setelah kapten tim Bayu Pradana diganjar kartu kuning kedua akibat melanggar Alfath Fathier di kotak terlarang, sehingga harus meninggalkan lapangan. Srdan Lopicic yang ditunjuk sebagai algojo penalti sukses menjalankan tugasnya menit ke-49.

Keunggulan jumlah pemain ini dimanfaatkan Persiba. Selang tiga menit kemudian, Beruang Madu sukses memperbesar keunggulan lewat sontekan Junior Lopes ketika menyambut bola liar sepakan Bijahil saat menerima bola sepak pojok.

Kendati demikian, Mitra Kukar tidak mau menyerah begitu saja. Kesalahan Absor Fauzi saat mencoba memotong umpan dimanfaatkan Marclei Santos yang langsung melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti tanpa dapat dibendung Yoewanto pada menit ke-54.

Mitra Kukar yang mencoba mengejar ketertinggalan tidak berdaya, mengingat mereka hanya bermain dengan sepuluh orang sepanjang babak pertama. Skor 3-2 ini pun bertahan hingga peluit panjang ditiupkan wasit.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Persiba: Yoewanto Stya Beny; Yudi Khoerudin (Absor 45+3′), Junior Lopes, Iqbal Samad, Alfath Faathier, Bryan Cesar, Anmar Almubaraki, Srdjan Lopicic, Ilhamul Irhaz (Gideon 74′), Bijahil Chalwa (Heri 80′), Marlon Da Silva.
Cadangan: Dian Agus Prasetyo; Fengky Turnando, Absor Fauzi, Siswanto, Gideon Way, Heri Susanto, Hendri Satriadi.

Pelatih: Hariyadi

Mitra Kukar: Ravi Murdianto; Muhammad Rizky Ramadhan, Saepuloh Maulana, Jorge Gotor (Herwin 38′), Abdul Gamal (Zikri 46′), Oh Inkyun, Bayu Pradana, Anindito Wahyu, Septian David Maulana, Marclei Santos, Putra Aprilianto (Yogi 15′).
Cadangan: Gerri Mandagi; Zikri Akbar, Herwin Tri Saputra, Muhammad Bahtiar, Yogi Rahadian, Aldino Herdianto, Andre Agustiar.