Poll Dukung Keputusan Oliver yang Beri Hukuman Penalti kepada Juventus

Poll Dukung Keputusan Oliver yang Beri Hukuman Penalti kepada Juventus

Mantan wasit asal Inggris, Graham Poll, mendukung keputusan Michael Oliver yang memberikan hukuman penalti kepada Juventus dan mengeluarkan kartu merah kepada Gianluigi Buffon. Hal itu saat Juventus bertandang ke markas Real Madrid di leg II perempatfinal Liga Champions 2017-2018, Kamis (12/4/2018) dini hari WIB.

Poll menilai, memang ada pelanggaran di kotak terlarang sehingga Oliver memberikan hukuman kepada Bianconeri –julukan Juventus. Dalam laga dini hari tadi, Juventus yang datang ke Santiago Bernabeu dalam kondisi defisit tiga gol, mampu memberikan perlawanan berarti kepada Los Blancos –julukan Madrid.

Terbukti, Mario Mandzukic dan kawan-kawan unggul 3-0 hingga pertandingan memasuki menit 90. Jika hingga waktu normal berakhir skor itu tetap bertahan, laga pun harus dilanjutkan ke babak tambahan 2 x 15 menit.

Akan tetapi, petaka menghampiri Juventus di masa injury time. Gelandang Madrid Toni Kroos melihat celah di pertahanan Juventus dan langsung memberikan umpan terobosan kepada Cristiano Ronaldo. Ronaldo pun mampu memenangi duel udara dengan Alex Sandro untuk memberikan bola kepada Lucas Vazquez.

Vazquez yang tak terkawal di depan gawang Juventus mencoba menahan si kulit bulat terlebih dulu. Akan tetapi belum juga menahan bola, bek Juventus, Medhia Benatia, sudah datang menghadang. Dalam kasus itu, Oliver menilai Benatia melakukan pelanggaran kepada Vazquez, sehingga wasit berusia 33 tahun itu memberikan hukuman penalti kepada Juventus.

Tak senang mendapatkan hukuman, kapten sekaligus kiper Juventus Buffon melakukan protes kepada Oliver. Karena dinilai melakukan protes keras, Buffon pun dikartumerahkan Oliver.

“Michael Oliver yang baru dipromosikan ke level elite wasit pada Januari, membuat keputusan-keputusan tepat di Bernabeu. Oliver cukup berani memberikan penalti, yang mana pada akhirnya mengantarkan Madrid ke semifinal,” kata Poll mengutip dari Fokus Gol, Kamis (12/4/2018).

“Tidak sampai di situ. Oliver tetap tenang meski dikelilingi lebih dari setengah lusin pemain Juventus. Ia pun membuat keputusan tepat dengan mengeluarkan Buffon yang melakukan protes,” lanjut wasit yang sempat memberikan tiga kartu kuning kepada satu pemain di Piala Dunia 2006.

Pada akhirnya, keputusan penalti itu menguntungkan Madrid. Eksekusi penalti berhasil dijalankan dengan baik oleh Cristiano Ronaldo. Meski kalah 1-3, Madrid tetap lolos ke semifinal karena unggul agregat 4-3.